Cara mengembalikan email YAHOO! yang di Hack

Susah membayangkan bagaimana rasanya ketika email kita dihack oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Kita terpaksa harus mengklarifikasi ke teman-teman yang dikirimi email fishing yang biasanya meminta kita mengirimkan sejumlah uang yang dibutuhkan ke alamat tertentu.
Untuk mengatasi itu, YahooMail telah memberikan beberapa langkah yang barangkali bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.
Berikut ini langkah-langkah yang barangkali bisa kita gunakan untuk mengembalikan YahooMail kita yang telah dihack seseorang.


1. Masuk ke halaman login YahooMail


 
2. Di halaman login, klik “Tidak Bisa Mengakses Account”


3. Setelah mengklik “Tidak Bisa Mengakses Account” akan muncul panel berikut ini.

4. Kita bisa mencoba dua pilihan yang tersedia, yakni (1) “saya lupa sandi saya”; atau (2) “Tampaknya akun saya digunakan orang yang tidak berwenang”; seperti tertera di gambar di atas.
Jika akun kita memilih pilihan kedua “Tampaknya akun saya digunakan orang yang tidak berwenang”, tampilan selanjutnya setelah kita menekan tombol “berikutnya” adalah sebagai berikut.



5. Setelah muncul laman di atas, masukkan ID Yahoo dan jangan lupa berikut kode yang tertera di bawahnya. Selanjutnya klik tombol “Berikutnya”. Setelah itu semua selesai, akan muncul panel seperti dibawah.


6. Ada dua pilihan yang tertera, yakni melalui email yang telah kita sertakan sebelumnya atau “Saya tidak bisa mengakses satupun dari yang disebut di atas”. Untuk percobaan ini, saya memilih “Saya tidak bisa mengakses satupun dari yang disebut di atas”. Selanjutnya klik tombol “Berikutnya” dan munculah panel di bawah.


7. Biasanya, Yahoo meminta kita untuk memasukkan dua pertanyaan rahasia. Pertanyaan-pertanyaan itu akan kembali harus kita jawab pada saat ini. Jika sudah, seperti biasa, klik tombol, “Berikutnya”.


8. Jika sudah berhasil, gambar di atas akan muncul dan kita bisa dengan bebas memasukkan sandi baru. Usahakan sandi yang kita gunakan berisi kombinasi huruf, angka, dan simbol, yang diganti secara periodik.
Kembali klik tombol “Berikutnya” hingga muncul gambar berikut ini.



9. Klik tombol “Lanjutkan” untuk memperbaiki informasi personal anda.
Add caption


10. Seperti biasa, setelah itu klik “lanjutkan” atau “berikutnya” sehingga muncul laman di bawah.


11. Pada laman itu, kita bisa langsung melanjutkan, dengan mengklik tombol “Lanjutkan” atau mempertebal pengamanan akun kita dengan menggunakan “segel masuk”. Klik “Informasi Lebih Jauh” untuk membuat segel masuk. Setelah mengklik itu, anda akan masuk pada laman segel seperti dibawah ini.


12. Klik tombol “Mulai Sekarang”.


Ada dua bentuk segel, yakni segel dalam bentuk teks dan segel dalam bentuk gambar (lihat gambar di bawah).


Segel dalam bentuk teks terdiri dari tiga kolom dengan maksimal teks yang tertulis 21 karakter. Teks itu bisa kita isi dengan informasi-informasi yang hanya kita yang tahu.
Jika memilih segel dalam bentuk gambar, tinggal masukkan gambar dengan ukuran maksimal 2 MB.


 

ini adalah preview setelah saya memasukkan segel dalam bentuk gambar.

kita sudah bisa menggunakan email kita kembali.


Catatannya, ini adalah prosedur yang disarankan oleh Yahoo. Saya tidak tahu jika ternyata dalam praktiknya ada hal-hal yang kurang diantisipasi oleh Yahoo atau kalau ternyata si hacker telah lebih dulu mengubah semua informasi pribadi kita.
Tapi setidaknya, ini adalah langkah yang patut dicoba manakala kita dihadapkan pada masalah akibat dihack-nya email kita.
Terakir Selamat Mencoba!Catatannya, ini adalah prosedur yang disarankan oleh Yahoo. Saya tidak tahu jika ternyata dalam praktiknya ada hal-hal yang kurang diantisipasi oleh Yahoo atau kalau ternyata si hacker telah lebih dulu mengubah semua informasi pribadi kita.
Tapi setidaknya, ini adalah langkah yang patut dicoba manakala kita dihadapkan pada masalah akibat dihack-nya email kita.
Terakir Selamat Mencoba! Catatannya, ini adalah prosedur yang disarankan oleh Yahoo. Saya tidak tahu jika ternyata dalam praktiknya ada hal-hal yang kurang diantisipasi oleh Yahoo atau kalau ternyata si hacker telah lebih dulu mengubah semua informasi pribadi kita.
Tapi setidaknya, ini adalah langkah yang patut dicoba manakala kita dihadapkan pada masalah akibat dihack-nya email kita.
Terakir Selamat Mencoba!